Monday 20th of May 2024
×

Kisah Legenda Suta dan Putri Adipati Kutaliman, Romeo dan Julietnya Indonesia yang Jadi Asal Usul Baturaden di Purwekerto

Kisah Legenda Suta dan Putri Adipati Kutaliman, Romeo dan Julietnya Indonesia yang Jadi Asal Usul Baturaden di Purwekerto

--

OTONITY –  Jika kamu berkunjung ke Banyumas, rasanya tidak lengkap kalau belum mengunjungi wisata Baturraden. Selain terkenal dengan pesona alamnya, Baturraden juga memiliki legenda yang tak kalah tragis dengan Romeo dan Juliet.

Baturraden adalah nama kecamatan yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hanya 7,5 km dari arah Purwokerto—ibu kota kabupaten. Di sana, wisatawan akan menemukan beberapa objek wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan.


Baca juga: Wisata Murah di Talang Indah Pajaresuk Lampung, Destinasi Wisata Penuh Sejarah Peninggalan Belanda!

Baca juga: Dibagi Jadi 2! Pemekaran Kabupaten Lampung Tengah Tinggal Tunggu Ketok Palu Pencabutan Daerah Otonomi Baru (DOB)

Baca juga: Point Penting yang Disepakati di RAMPINAS Yang Dihadiri Panitia Pemekaran CDOB , Bagaimana Nasib Pemekaran Aceh Raya?

Kisah Legenda Suta dan Putri Adipati Kutaliman

Dikutip dari berbagai sumber, asal usul Baturraden tak terlepas dari kisah cinta antara Suta, yang merupakan pembantu, dengan putri Adipati Kutaliman. Sehari-hari Suta bekerja sebagai pembantu adipati untuk merawat kuda-kuda dan membersihkan kandang.

Legenda berlanjut dengan peristiwa ketika Batur Gamel menyelamatkan putri Adipati Kutaliman dari serangan ular yang ganas. Setelah menyelamatkan nyawa putri Adipati, hubungan antara Batur Gamel dan putri Adipati semakin akrab, bahkan hingga mereka jatuh cinta satu sama lain.

Sumber:

UPDATE TERBARU