Monday 22nd of April 2024
×

Asal-Usul Nama Kota Pontianak: Cek Sejarahnya yang Berdiri Pada 23 Oktober 252 Tahun Silam

Asal-Usul Nama Kota Pontianak: Cek Sejarahnya yang Berdiri Pada 23 Oktober 252 Tahun Silam

--

OTONITY.com - Apakah kamu termasuk salah satu yang menyukai kisah mengenai legenda tentang terciptanya sesuatu? Jika iya maka di bawah ini akan kami siapkan informasi mengenai asal-usul nama kota Pontianak berikut ini. Simak hingga usai ya pembahasannya!

Cerita tentang asal usul suatu daerah disebut dengan Legenda. Yang mana legenda sendiri merupakan bagian prosa lama yang mengenai asal mula suatu tempat atau kejadian alam (Zainuddin,1992:101).


Cerita rakyat dapat dipahami sebagai sebuah kisah atau cerita yang berasal dari masyarakat zaman dahulu dan berkembang secara luas dari mulut ke mulut hingga pada akhirnya dikenal secara luas. Cerita rakyat sendiri merupakan warisan budaya yang perlu dilestarikan hingga generasi selanjutnya.

Baca juga: Profil dan Biodata Seleb TikTok Reistaanada yang Diduga Pemeran Video Viral Berhubungan Intim Dengan Seorang Pria

Baca juga: Arti DC Cakung Jokes Viral di TikTok yang Lagi Hits di Kalangan Gen Z, Begini Penjelasannya Jangan Sampai Kamu Ketinggalan

Baca juga: Wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka Suguhkan Pemandangan Area Perswahan yang Bikin Nggak Mau Pulang

Jadi umumnya sebagian besar cerita rakyat ini bersifat fiktif dan masih belum tentu kebenarannya. Namun demikian, banyak nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita rakyat. Nilai-nilai tersebut dapat dijadikan pelajaran bagi generasi yang lebih muda.

Letak wilayah Pontianak 

Secara keselurahan Kota Pontianak berbatasan dengan wilayah Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Kubu Raya yaitu:

  • Bagian Barat: Kecamatan Sungai Kakap Kubu Raya
  • Bagian Timur: Kecamatan Sungai Sungai Raya dan Kecamatan Ambawang Kabupaten Kubu Raya
  • Bagian Utara: Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah
  • Bagian Selatan: Kecamatan Sungai Raya dan Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya

Sumber:

UPDATE TERBARU