Tuesday 25th of June 2024
×

Eltinus Omaleng Mantan Terduga Kasus Korupsi, Usulkan Provinsi Baru Untuk Kabupaten Mimika!

Eltinus Omaleng Mantan Terduga Kasus Korupsi, Usulkan Provinsi Baru Untuk Kabupaten Mimika!

--

OTONITY.com - Bupati Mimika serukan pembentukan provinsi baru untuk wilayah Kabupaten Mimika dengan pengusulan Provinsi Papua Nemangkawi. Eltinus Omaleng sendiri juga telah melakukan rapat bersama dengan perwalkilan masyarakat. Berikut informasi lengkapnya. 

Eltinus Omaleng sebelumnya sangat gigih dalam mendeklarasikan pembentukan Provinsi Papua Tengah sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB). Deklarasi ini kemudian disahkan sebagai undang-undang dan berdiri hingga saat ini. Selain itu, Omaleng juga mencalonkan diri sebagai bakal calon Gubernur Papua Tengah pada masa itu.


Deklarasi ini diadakan di halaman Gereja Kingmi Marthen Luther di Mile 32, Kabupaten Mimika, pada 15 Juni 2022.

Setelah menghadapi kasus dugaan korupsi yang menyeret namanya, Eltinus Omaleng justru ingin mengeluarkan Kabupaten Mimika dari Papua Tengah dan membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) yang disebut Provinsi Papua Nemangkawi.

Baca juga: 7 Kabupaten Ini Akan Alami Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung, Masyarakat Sudah Respon Positif!

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan yang Jadi Target Pemekaran, Pemandangannya Gak Ada Duanya

Baca juga: Pemekaran Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan Buat Ekspansi Sawit Sampai Minyak Bumi, Gas, dan Batubara?

Omaleng bersama DPRD Mimika dan tokoh masyarakat mendeklarasikan pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi. Pengumuman deklarasi ini terjadi di Hotel Yello Jakarta Pusat pada Kamis (2/11/2023) dan dihadiri oleh tokoh masyarakat suku Amungme dan Kamoro.

Mereka mengadakan pertemuan dengan Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus, dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah pada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Valentinus Sudarjanto Sumito.

Dalam pertemuan tersebut, Eltinus Omaleng mengusulkan pemekaran Kota Madya Timika, Kabupaten Mimika Timur, dan Kabupaten Mimika Barat. Kesepakatan ini kemudian diserahkan kepada Valentinus Sudarjanto Sumito, yang sebelumnya menjabat sebagai Penjabat Bupati Mimika.

Berikut adalah poin-poin kesepakatan untuk Provinsi Papua Nemangkawi:

1. Mendukung sepenuhnya pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi dengan ibu kota di Timika.
2. Mendukung sepenuhnya pembentukan kota madya di Timika.
3. Mendukung sepenuhnya pembentukan Kabupaten Mimika Barat dengan ibukota di Kapiraya.
4. Mendukung sepenuhnya pembentukan Kabupaten Mimika Timur dengan ibukota di Agimuga.

Dengan ditandatanganinya berita acara kesepakatan bersama ini, Provinsi Papua Nemangkawi, Kota Timika, Kabupaten Mimika Timur, dan Kabupaten Mimika Barat secara resmi dideklarasikan.

Sumber:

UPDATE TERBARU