Wednesday 19th of June 2024
×

Fenomena Awan Berlubang di Jember Bikin Heboh, Pertanda Apa? Viral Hingga Trending di Media Sosial

Fenomena Awan Berlubang di Jember Bikin Heboh, Pertanda Apa? Viral Hingga Trending di Media Sosial

--

OTONITY.com - Artikel pembahasan dibawah ini kami akan membagikan informasi terkait dengan Fenomena Awan Berlubang di Jember Bikin Heboh. Lantas, pertanda apakah hal tersebut? simak informasi lengkapnya hanya pada rangkuman dibaawah ini langsung yuk.

Warga Jember dihebohkan dengan kemunculan awan berongga pada Selasa 4 Juni 2024. Berikut rangkuman fakta-fakta seputar fenomena awan berlubang di Jember.


Fenomena yang kemudian menjadi viral ini tentu saja mengundang berbagai spekulasi dari mereka yang melihatnya secara langsung maupun melalui media sosial. Namun, apa sebenarnya penyebab fenomena awan berlubang tersebut? Berikut ini beberapa informasi mengenai hal tersebut.

Baca juga: Jam Berapa Boboiboy Windara Tayang di RTV? Catat dan Pasang Pengingatmu Sekarang Juga!

Baca juga: Video Presma Unja Jambi Enak Yank Viral Twitter Temui Titik Terang, Pelaku Penyebar Sudah Diringkus Polisi!

Penampakan awan berlubang telah teramati di langit Jember, tepatnya di wilayah Kaliwates. Meski sempat menimbulkan kekhawatiran, namun BMKG telah menjelaskan bahwa hal ini merupakan fenomena yang dapat dijelaskan secara ilmiah.

1. Terlihat jelas dengan pesawat

Awan berongga ini berbentuk seperti lubang pada awan. Fenomena ini umumnya terjadi pada lapisan awan altocumulus, kemudian cirrocumulus dan terakhir stratocumulus. Lubang pada awan ini akan terlihat jelas ketika dilihat dari pesawat terbang saat melewati lapisan kumuliform tipis dan memicu glasiasi.

Gletser menghasilkan partikel awan yang berubah menjadi tetesan air dan es. Proses inilah yang menciptakan lubang-lubang di awan.

2. Disebut Awan Cavum

Dalam dunia ilmiah, lubang-lubang di awan ini disebut dengan awan kavum. Awan cavum ditemukan dalam tiga jenis awan: cirrocumulus, altocumulus, dan stratocumulus. Meskipun memiliki penampilan yang unik dan bahkan menakutkan bagi sebagian orang, fenomena ini tidak membahayakan lingkungan.

Baca juga: Video Presma Unja Jambi Enak Yank Viral Twitter Temui Titik Terang, Pelaku Penyebar Sudah Diringkus Polisi!

Sumber:

UPDATE TERBARU