Monday 15th of July 2024
×

Profil Guru Efektif dan Profesional Abad 21 Adalah? Inilah Pembahasan Lengkap Beserta Karakteristiknya!

Profil Guru Efektif dan Profesional Abad 21 Adalah? Inilah Pembahasan Lengkap Beserta Karakteristiknya!

--

OTONITY.com - Pada rangkuman pembahasan dibawah ini kami akan membagikan informasi terkait dengan Profil Guru Efektif dan Profesional Abad 21 yang kini tengah banyak dicari. Simaak informasi selengkapnya hanya dibawah ini.

Di abad ke-21 yang telah memasuki era digital, dunia pendidikan menghadapi tantangan besar. Karakteristik dan kebutuhan siswa di era ini sangat berbeda dengan siswa di era sebelumnya. Salah satu ciri utama siswa generasi alfa adalah penguasaan mereka terhadap teknologi.


Siswa sangat antusias dengan teknologi digital. Sebagai guru yang mendidik dan mengajar generasi ini, tentu saja Kalian harus selalu meningkatkan kemampuan agar tidak tertinggal dan mampu menjawab kebutuhan siswa.

Baca juga: Contoh dan Cara Membuat Brief Routine Advice Mudah, Bikin Aktivitas Jadi Makin Tertata dan Terlaksana!

Baca juga: Cara Daftar PPDB Online Jakarta 2024/2025, Penuhi Syarat dan Pastikan Tidak Salah Pilih Sekolah!

Seperti yang tercantum dalam UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Apa sajakah itu? Kompetensi pendidik yang harus dimiliki oleh guru yang cerdas meliputi: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

Karakteristik Guru Efektif dan Profesional Abad 21

Dalam bukunya Pembelajaran Abad 21, Daryanto dan Karim (2017) menulis: Menurut International Society for Technology in Education, karakteristik kompetensi guru abad 21, di mana era informasi menjadi ciri utamanya, mengklasifikasikan kompetensi guru abad 21 ke dalam 5 kategori, yaitu:

1. Mampu memfasilitasi dan menginspirasi pembelajaran dan kreativitas siswa

Indikator untuk kategori ini adalah sebagai berikut:

a. Mendorong, mendukung, dan menjadi model bagi penemuan dan pemikiran yang kreatif dan inovatif.

b. Melibatkan siswa dalam mengeksplorasi isu-isu dunia nyata dan memecahkan masalah otentik dengan menggunakan alat dan sumber daya digital.

c. Mendorong pemikiran siswa menggunakan alat kolaboratif untuk menunjukkan dan memperjelas pemahaman, pemikiran, perencanaan konseptual, dan proses kreatif mereka.

d. Memodelkan konstruksi pengetahuan kolaboratif dengan terlibat dalam pembelajaran dengan siswa, kolega, dan orang lain melalui kegiatan tatap muka dan lingkungan virtual.

2. Merancang dan mengembangkan pengalaman belajar dan penilaian di era digital

Kompetensi pendidik yang menuntut guru cerdas untuk mampu merancang dan mengembangkan pengalaman belajar dan penilaian di era digital memiliki indikator sebagai berikut:

a. Merancang atau mengadaptasi pengalaman belajar yang sesuai dengan mengintegrasikan alat dan sumber daya digital untuk mendorong pembelajaran dan kreativitas siswa.

b. Mengembangkan lingkungan belajar yang melibatkan teknologi untuk memungkinkan semua siswa memiliki rasa ingin tahu dan berpartisipasi aktif dalam menetapkan tujuan pembelajaran, mengelola pembelajaran (self-regulated learning), dan menilai kemajuan belajar mereka sendiri.

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa Password Akun PPDB Online Jakarta 2024/2025, Jangan Panik! Lakukan Ini Agar Berhasil

c. Menyesuaikan dan mempersonalisasi pembelajaran dengan mempertimbangkan berbagai strategi, gaya belajar, dan kemampuan untuk menggunakan alat dan sumber daya digital.

Sumber:

UPDATE TERBARU