Sunday 21st of July 2024
×

Fakta Unik Semangka yang Jadi Bahan Makanan Favorit di Gaza Hingga Simbolisme Bendera Palestina

Fakta Unik Semangka yang Jadi Bahan Makanan Favorit di Gaza Hingga Simbolisme Bendera Palestina

--

Otonity.com - Penggunaan semangka pertama kali muncul setelah perang enam hari pada tahun 1967, ketika Israel menguasai Tepi Barat dan Gaza, hingga daerah Yerusalem Timur.

Diketahui bahwa Israel melarang pengibaran bendera Palestina secara umum dan akan dipidana. Guna menghindari ancaman tersebut, warga Palestina mulai menggunakan semangka sebagai pengganti bendera.


Hingga kini sejak kejadian tersebut, semangka sudah menjadi simbol solidaritas dan kepedulian terhadap warga Palestina yang menjadi korban dari konflik antar negara tersebut.

Baca juga: Asal-usul Buah Semangka Sebagai Simbol Solidaritas Palestina, Bermula Pada Tahun 1967

Baca juga: Mitos Pesugihan Gunung Lawu di Malang Dibantah Warga, Orang Berdatangan Hanya untuk Ziarah!

Baca juga: Bikin Merinding! Mengungkap Asal Usul Pesugihan Gunung Lawu di Malang, Banyak Kuburan Dibangun untuk Ziarah

Kini simbol semangka kembali ramai digunakan lantaran adanya keputusan pengadilan Israel bahwa keluarga Palestina yang tinggal di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur akan diusir dari rumah mereka untuk dijadikan tempat bagi pemukim.

Semangka dipilih karena buah ini memiliki unsur warna yang mirip dengan bendera Palestina; yakni merah, hitam, putih, dan hijau. Perjuangan berbuah manis ketika pada tahun 1993, larangan pengibaran bendera Palestina dicabut, sebagai bagian dari Perjanjian Oslo. Setelah perjanjian tersebut, New York Times pun setuju bahwa semangka menjadi simbol pengganti bendera Palestina. 

Untuk informasi selengkapanya mengenai topik kali ini langsung saja simak slide selanjutnya!>>>

Sumber:

UPDATE TERBARU