Wednesday 28th of February 2024
×

Penting Untuk di Cek! Inilah Permasalahan Suzuki Ertiga Bekas yang Sering Terjadi, Simak Sebelum Membelinya

Penting Untuk di Cek! Inilah Permasalahan Suzuki Ertiga Bekas yang Sering Terjadi, Simak Sebelum Membelinya

--

OTONITY.com - Suzuki Ertiga hingga kini masih menjadi salah satu mobil yang banyak diminati. Suzuki Ertiga sekarang ini sudah tersedia matic dan juga manual. Meskipun begitu, mobil bekas Suzuki Ertiga masih banyak jadi pilihan. Berikut ini adalah permasalhan yang sering dikeluhkan pada mobil bekas.

Suzuki Ertiga Manual adalah salah satu varian dari mobil Suzuki Ertiga yang dilengkapi dengan transmisi manual. Mobil ini menawarkan pengalaman berkendara yang lebih interaktif, di mana pengemudi memiliki kendali penuh atas perubahan gigi dan kecepatan mobil.


Dengan transmisi manual, pengemudi dapat memilih gigi yang sesuai dengan situasi jalan, seperti menurunkan gigi untuk akselerasi cepat atau mengganti gigi untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Suzuki Ertiga sendiri dikenal sebagai mobil MPV yang populer, cocok untuk keluarga dan penggunaan sehari-hari. Varian manualnya memberikan pilihan bagi mereka yang lebih suka mengemudikan mobil dengan transmisi manual tradisional, sambil tetap menikmati fitur-fitur dan kenyamanan yang ditawarkan.

Suzuki Ertiga menawarkan ruang kabin yang luas, serta suspensi rendah yang membuatnya nyaman untuk digunakan sebagai MPV andalan Suzuki.

Mobil ini telah menjadi favorit di kalangan keluarga di Indonesia, dari generasi pertama hingga yang paling baru, penjualannya terus mengalami kesuksesan. Selain memiliki desain yang menarik dan performa akselerasi yang baik, Suzuki Ertiga juga terbukti irit bahan bakar.

Baca juga: Motor BeAT Ngadat Tidak Bisa Distater? Ternyata Ini Penyebabnya, Cek Dulu Sebelum Ke Bengkel!

Baca juga: Daftar DP dan Cicilan Yamaha NMAX 155 Terbaru Tahun 2023 Mulai Rp 3 Jutaan Sudah Bisa Bawa Pulang Si Jagoan

Baca juga: Tandingi Honda BeAt! Yamaha Vega Matic 125 2023 Siap Bersaing, Hadirkan Gaya Retro Futuristik

Permasalahan Suzuki Ertiga Bekas

Terkait dengan masalah yang sering muncul pada Suzuki Ertiga, mulai dari generasi pertama hingga yang menggunakan mesin diesel, telah kami rangkum sebagai berikut:

1. Kesulitan dalam Pindah Gigi

Jika Kalian berencana memiliki Suzuki Ertiga bekas, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagian transmisi. Menurut seorang mekanik di Otista, Jakarta Timur, Putra, salah satu penyebab masalah ini adalah usia kendaraan.

Jika komponen, terutama bushing kabel selector, sudah aus, biasanya mobil akan mengalami kesulitan dalam perpindahan gigi tiga atau empat.

"Bushing kabel selector ini rentan mengalami keausan," kata Putra.

Solusi yang tepat adalah menggantinya dengan yang baru. Namun, dalam situasi darurat seperti saat bepergian jauh tanpa akses bengkel, Kalian bisa menggunakan seal tabung gas sebagai pengganti sementara.

Kendala lain pada Suzuki Ertiga adalah suara yang muncul saat mengoper gigi, yang disebabkan oleh masalah ketidakcocokan tuas transmisi. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya pelumasan, yang dapat membuat tuas mengering dan menghasilkan suara yang tidak nyaman saat mengoper gigi.

2. Bunyi-bunyian pada Bagian Suspensi

Keluhan umum dari pemilik Suzuki Ertiga generasi pertama adalah terdengarnya bunyi-bunyian pada bagian depan kendaraan. Hal ini bisa terjadi karena Ertiga sering digunakan untuk bekerja keras, terutama jika kendaraan sebelumnya digunakan sebagai taksi online.

"Biasanya, masalah ini terkait dengan komponen suspensi, terutama tie rod atau karet support," tambah Putra.

Sumber:

UPDATE TERBARU