Sunday 26th of May 2024
×

Intip 3 Kota Hasil Pemekaran Gorontalo yang Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 2007, Belum Banyak Dikenal Masyarakat

Intip 3 Kota Hasil Pemekaran Gorontalo yang Ternyata Sudah Ada  Sejak Tahun 2007, Belum Banyak Dikenal Masyarakat

--

Provinsi Gorontalo, yang merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), memiliki ciri khas dan sejarahnya sendiri.

Provinsi Gorontalo adalah contoh bagaimana perkembangan dan perubahan terus berlangsung di berbagai penjuru Indonesia. Meski usianya relatif muda sebagai provinsi, pencapaian pemekaran wilayah di Provinsi Gorontalo patut diacungi jempol.


Sejarah pemekaran ini mencerminkan semangat dan tekad untuk meningkatkan pemerataan pembangunan dan pelayanan publik bagi masyarakat. Pemekaran wilayah ini bisa menjadi upaya untuk lebih mendekatkan pemerintah dengan rakyatnya, serta memastikan bahwa kebutuhan dan aspirasi setiap wilayah terpenuhi.

Baca juga: Arti DC Cakung Jokes Viral di TikTok yang Lagi Hits di Kalangan Gen Z, Begini Penjelasannya Jangan Sampai Kamu Ketinggalan

Baca juga: Wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka Suguhkan Pemandangan Area Perswahan yang Bikin Nggak Mau Pulang

Baca juga: Lokasi dan Rute Terasering Panyaweuyan Majalengka yang Paling Dekat Dari Posisi Saya, Spot Nyore Andalan Buat Healing

3 Kota Hasil Pemekaran Gorontalo

Gorontalo senditi terletak di bagian utara Pulau Sulawesi, adalah salah satu provinsi terkecil di Indonesia. Ini menjadi provinsi paling muda di Indonesia. Gorontalo terbentuk pada 22 Desember tahun 2000, menjadikannya sebagai provinsi termuda di tanah air.

  1. Kabupaten Boalemo (Tahun 1999)

Pada tahun 1999, Kabupaten Gorontalo memutuskan untuk memekarkan wilayahnya, yang kemudian melahirkan Kabupaten Boalemo. Pemekaran ini menjadi langkah awal menuju pembentukan provinsi tersendiri.

  1. Kabupaten Bone Bolango (Tahun 2003)

Wilayah ini terbentuk dalam pemekaran wilayah Provinsi Gorontalo terjadi pada tahun 2003, yang menghasilkan pembentukan Kabupaten Bone Bolango. Dengan semakin banyaknya daerah otonom yang muncul, Gorontalo semakin mengukuhkan eksistensinya sebagai provinsi yang mandiri.

  1. Kabupaten Gorontalo Utara (Tahun 2007)

Pemekaran terakhir terjadi pada tahun 2007. Pada tahun ini, Kabupaten Gorontalo kembali memekarkan wilayahnya dan melahirkan Kabupaten Gorontalo Utara. Pemekaran ini merupakan penegasan lebih lanjut terhadap kemandirian Provinsi Gorontalo.

Semoga informasi mengenai berita terkini yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa membantu kamu, ya! Terimakasih sudah membaca! Kami harap informasi ini bisa bermanfaat utnukmu! 

Sumber:

UPDATE TERBARU