Wednesday 19th of June 2024
×

Heboh! Awan Berlubang di Langit Jember Bikin Gempar Warga, Inilah Penjelasan dari BMKG

Heboh! Awan Berlubang di Langit Jember Bikin Gempar Warga, Inilah Penjelasan dari BMKG

--

OTONITY.com - Pada ulasan pembahasan dibaawah ini kami akan membagikan informasi terkait dengan berita heboh di Jember yang melihatkan sebuah penampakan awan berlubang. Langsung saja, simak selengkapnya dari ahlinya berikut ini.

Sebuah video yang menunjukkan fenomena awan berongga di Jember, Jawa Timur, menjadi viral di media sosial.


Video yang viral tersebut menunjukkan fenomena unik, karena awan di langit tampak berlubang. Sebaliknya, awan-awan di sekitarnya tampak padat. Salah satu warganet yang mengunggah video tersebut adalah akun @AkiSukidi2 di X (sebelumnya Twitter).

"Selasa (04/06/24), pagi hari di langit Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, terjadi fenomena alam yang cukup unik, yaitu adanya lapisan awan yang berlubang," tulisnya di X, Selasa (4/6).

Baca juga: Streaming Nonton Sinetron AMKA (Aku Mencintaimu Karena Allah) 8 Juni Full, Arsy Memang Wanita Terbaik

Baca juga: Spin Diamond Free Fire (FF) Gratis dari Google Terbaru Juni 2024, Dapatkan x9999 Diamond dengan 1 Kali Spin!

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto menjelaskan fenomena awan berongga yang muncul di Jember. Menurutnya, ini adalah fenomena “fallstreak hole” atau “hole punch cloud”.

Guswanto menjelaskan bahwa proses ini sering menyisakan area kosong yang dikelilingi oleh cincin awan. Kristal-kristal es terkadang berjatuhan, sehingga lubang tersebut tampak seperti jejak.

"Fenomena ini terjadi ketika suhu air di dalam awan berada di bawah titik beku, tetapi air belum membeku karena kekurangan partikel nukleasi es," ungkapnya yang dilaansir dari CNNIndonesia.com, Rabu (5/6).

Baca juga: Video Presma Unja Jambi Enak Yank Viral Twitter Temui Titik Terang, Pelaku Penyebar Sudah Diringkus Polisi!

Sumber:

UPDATE TERBARU