Tuesday 23rd of July 2024
×

Kisah Dursala atau Dursilawati Tokoh Antagonis Dalam Cerita Wayang Mahabrata, Inilah Cerita Singkatnya!

Kisah Dursala atau Dursilawati Tokoh Antagonis Dalam Cerita Wayang Mahabrata, Inilah Cerita Singkatnya!

--

OTONITY.com -  Dursasana atau Duhsasana (Dewanagari: दुःशासन; IAST: Duḥśāsana) adalah tokoh antagonis dalam wiracarita Mahabharata. Ia merupakan adik Duryodana, pemimpin para Korawa, putra Raja Drestarasta dengan Dewi Gandari. Ia dikenal sebagai Korawa yang nomor dua di antara seratus Korawa.

Tokoh ini mendapat peran signifikan dalam Sabhaparwa (kitab kedua Mahabharata), yang mengisahkan permainan dadu antara lima Pandawa melawan seratus Korawa.


Dropadi, istri para Pandawa menjadi budak para Korawa setelah dipertaruhkan dalam permainan tersebut. Merasa sebagai pemilik budak, Dursasana berusaha melucuti pakaian Dropadi secara paksa, tetapi tidak berhasil berkat pertolongan Kresna.

Baca juga: Profil Karina Aespa, Idol Gen 4 yang Baru Baru Ini Mengisi Reality Show Misteri Agents of Mystery Bareng Kim Do Hoon

Baca juga: Baca Novel Princess Who Hides Her Fandom PDF Indonesia, Masuk ke Dalam Dunia Novel Jadi Puteri Cantik

Peristiwa itu memperkeruh permusuhannya dengan Bima. Pada akhirnya, ia dibunuh oleh Bima dalam perang di Kurukshetra pada hari ke-16.

Dalam pewayangan Jawa, Dursasana memiliki seorang istri bernama Dewi Candramukiwati, dan seorang putra yang kesaktiannya melebihi dirinya, bernama Dursala. Ia digambarkan sebagai wayang dengan tubuh yang gagah, bermulut lebar, dan mempunyai sifat sombong, suka bertindak sewenang-wenang, gemar menggoda wanita, dan senang menghina orang lain.

Nama Duhsasana terdiri dari dua kata Sanskerta, yaitu duh dan śāsana. Secara harfiah, kata Dusśāsana memiliki arti "sulit untuk dikuasai" atau "sulit untuk diatasi".

Baca juga: Profil Almira Berto Wanita Cantik Usia 21 Asal Sidoarjo yang Jadi DJ Termuda, Sempat Dicibir Warganet Karena Keputusannya

Sumber:

UPDATE TERBARU