Thursday 25th of April 2024
×

Sejarah Kota Pontianak yang Konon Tercipta Gara-Gara Legenda Hantu Kuntilanak: Cek Faktanya di Sini

Sejarah Kota Pontianak yang Konon Tercipta Gara-Gara Legenda Hantu Kuntilanak: Cek Faktanya di Sini

--

OTONITY.com - Pontianak sendiri merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Siapa di sini yang sudah pernah berkunjung ke Pontianak atau kamu mungkin malah warga kota yang satu ini? Nah, kali ini akan kami sampaikan informasi mengenai Sejarah Asal Usul Kota Pontianak ini untuk kamu. Yuk simak pembahasan selengkapnya di sini! 

Pontianak adalah ibukota Provinsi Kalimantan Barat sekaligus sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi di provinsi tersebut. Hari Ulang Tahun ke-252 Kota Pontianak diperingati pada Senin, 23 Oktober 2023.


Sejarah asal-usul Kota Pontianak pun bisa dirunut sejak masa penjajahan Hindia Belanda di Indonesia. Yang mana Kota Pontianak dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kedua sungai yang diabadikan dalam lambang Kota Pontianak. 

Baca juga: Penting Untuk di Cek! Inilah Permasalahan Suzuki Ertiga Bekas yang Sering Terjadi, Simak Sebelum Membelinya

Baca juga: Mau Beli Mobil Bekas? Kenali Penyakit yang Muncul Pada Suzuki Ertiga Manual Setelah 5 Tahun Pemakaian!

Baca juga: Sejarah Asal Usul Kota Semarang yang Ternyata Berasal Dari Pohon Asem yang Tumbuh Jarang

Cerita tentang asal usul suatu daerah disebut dengan Legenda. Yang mana legenda sendiri merupakan bagian prosa lama yang mengenai asal mula suatu tempat atau kejadian alam (Zainuddin,1992:101).

Cerita rakyat dapat dipahami sebagai sebuah kisah atau cerita yang berasal dari masyarakat zaman dahulu dan berkembang secara luas dari mulut ke mulut hingga pada akhirnya dikenal secara luas. Cerita rakyat sendiri merupakan warisan budaya yang perlu dilestarikan hingga generasi selanjutnya.

Jadi umumnya sebagian besar cerita rakyat ini bersifat fiktif dan masih belum tentu kebenarannya. Namun demikian, banyak nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita rakyat. Nilai-nilai tersebut dapat dijadikan pelajaran bagi generasi yang lebih muda.

Sumber:

UPDATE TERBARU