Sunday 21st of July 2024
×

Jawa Timur Dimekarkan Jadi 3 Provinsi Baru, Wilayah Surabaya Bakal Dihilangkan? Cek Dulu Faktanya di Sini

Jawa Timur Dimekarkan Jadi 3 Provinsi Baru, Wilayah Surabaya Bakal Dihilangkan? Cek Dulu Faktanya di Sini

--

OTONITY.com - Jawa Timur Dimekarkan Jadi 3 Provinsi Baru, Wilayah Surabaya Bakal Dihilangkan? Buat kamu yang bertanya-tanya mengenai informasi ini yuk simak kami sudah siapkan pembahasannya lengkap untuk kamu! 

Dengan adanya undang-undang tersebut memberikan peluang bagi daerah yang telah mampu dari segala aspek baik potensi daerah, sumber daya manusia, luas wilayah, administrasi dan lainnya dapat memekarkan daerahnya menjadi lebih dari satu daerah sebagaimana yang diatur pada pasal 4 ayat 4 UU 32 Tahun 2004.


Baru-baru tengah ramai beredar video yang menampilkan daftar 3 provinsi baru di Jawa Timur. Video tersebut beredar di TikTok. Video yang diunggah akun @ExplorePemalang.id itu sudah 2,6 juta kali tayang. Video itu disukai 113,7 ribu pengguna dan telah dikomentari 11,2 ribu warganet.

Baca juga: Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Utara Siap Realisasi! Inilah Daftar Wilayah yang Siap Sokong Kemajuan DOB

Baca juga: Siap Jadi Ibu Kota Provinsi Jawa Utara, Inilah Pesona Kudus yang Dikenal Wilayah Pengembangan Islam!

Baca juga: Mengenal Potensi Kabupaten Rembang, Siap Bergabung dalam Pemekaran Jatara dengan Wilayah Lainnya!

Wilayah Pemekaran Jawa Timur 

Yang mana provinsi baru yang disebutkan dalam video TikTok ini yakni Mataraman/Jatim Selatan, di mana Kota Kediri menjadi ibu kota. Yang masuk provinsi ini yakni Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo, Magetan, Ngawi dan Pacitan.

Tak hanya itu ada Provinsi Madura, dengan ibu kota yakni Kota Pamekasan. Nantinya, Kota Pamekasan merupakan pemekaran wilayah dari Kabupaten Pamekasan. Daerah yang masuk Provinsi Madura yakni Bangkalan, Sampang, Sumenep dan Pamekasan.

Sumber:

UPDATE TERBARU