Saturday 15th of June 2024
×

Fakta Unik Sungai Musi yang Terkenal di Palembang, Sungai Terpanjang kedua di Pulau Sumatera dan Asia Tenggara!

Fakta Unik Sungai Musi yang Terkenal di Palembang, Sungai Terpanjang kedua di Pulau Sumatera dan Asia Tenggara!

--

OTONITY –  Siapa tidak tahu sungai musi ? Ya sungai yang membelah Kota Palembang sehingga memisahka dua daerah yakni Palembang Ulu dan Palembang ilir ini diatasnya tersambung jembatan Ampera yang tersohor itu. Kini sungai tersebut menjadi ikonik di kota tersebut.

Sungai Musi adalah sungai terpanjang kedua di Pulau Sumatera. Sungai ini kalah panjang dengan sungai batanghari Jambi yang memiliki panjang 800 KM.


Baca juga: Asal-usul dan Sejarah Nama Asahan, Sebuah Kabupaten di Sumut yang Merupakan Surga Dunia Tersembunyi

Baca juga: Viral Stikosa AWS Photo Week 2023 Usung Tema Indonesia Pro Lingkungan Digelar Hingga 10 November 2023

Baca juga: Kisah Legenda Suta dan Putri Adipati Kutaliman, Romeo dan Julietnya Indonesia yang Jadi Asal Usul Baturaden di Purwekerto

Fakta Unik Sungai Musi Palembang

Berikut adalah beberapa fakta tentang sejarah Sungai Musi di Sumatera Selatan:

Sejarah Nama

Nama "Musi" berasal dari bahasa Melayu, yang memiliki arti "batu" atau "batu besar", Nama sungai ini mungkin berasal dari bebatuan besar yang terdapat di sepanjang aliran sungai.

Penghubung Kota Palembang

Sungai Musi adalah salah satu faktor penting dalam perkembangan kota Palembang. Sejak zaman kuno, sungai ini telah menjadi jalur perdagangan yang strategis dan jalur transportasi utama. Peran sungai ini sebagai penghubung antara pedalaman dan pesisir telah mempengaruhi perkembangan ekonomi dan budaya daerah tersebut.

Peradaban Sriwijaya

Sungai Musi berperan penting dalam sejarah peradaban Sriwijaya, kerajaan maritim yang berdiri di wilayah Palembang pada abad ke-7 hingga ke-14 Masehi. Palembang adalah ibu kota Kerajaan Sriwijaya dan sungai ini menjadi pusat kegiatan perdagangan dan transportasi yang penting. Pada masa itu, sungai Musi digunakan sebagai jalur utama untuk mengangkut barang-barang dagangan dan membangun hubungan dengan kerajaan-kerajaan lain di Asia Tenggara.

Sumber:

UPDATE TERBARU