Saturday 15th of June 2024
×

Pesan Moral Dari Cerita Legenda Batu Menangis di Kalimantan Barat, Gadis Cantik Durhaka yang Dikutuk Jadi Batu

Pesan Moral Dari Cerita Legenda Batu Menangis di Kalimantan Barat, Gadis Cantik Durhaka yang Dikutuk Jadi Batu

--

OTONITY – Batu Menangis adalah cerita rakyat di Kalimantan Barat. Legenda batu menangis mengisahkan tentang seorang janda dan anak perempuannya yang sangat cantik tetapi memiliki sifat buruk.

Indonesia memiliki berbagai macam dongeng Nusantara, mulai dari Sabang hingga Merauke. Di setiap dongeng Nusantara akan selalu ada pesan atau nilai-nilai moral yang bisa diambil dan bisa dijadikan sebagai pelajaran kehidupan. Selain itu, dongeng Nusantara juga bisa dijadikan cerita sebelum tidur untuk anak.


Salah satu dongeng Nusantara yang cukup terkenal dan banyak sekali pesan moral yang bisa diambil, yaitu cerita rakyat “batu menangis”. Cerita ini berasal dari Kalimantan Barat.

Baca juga: Merinding! Bongkar Misteri Kota Gaib yang Ada di Indonesia, Begini Penuturan Mereka yang Pernah Tak Sengaja Masuk

Baca juga: Siapa Sangka, Inilah 10 Kota Termaju di Indonesia! Nomor 6 Bikin Gak Percaya

Baca juga: Begini Asal-usul Kabupaten Cianjur Jawa Barat yang Berasal Dari Cerita Kebaikan Anak Seorang Tuan yang Tanah Kikir

Zaman dahulu kala di sebuah bukit kecil yang jauh dari pemukiman penduduk, hidup seorang janda miskin bersama anak gadisnya. Anak gadis itu sangat cantik, bentuk tubuhnya indah, rambutnya ikal terurai panjang. Ia memiliki poni yang tersisir rapi dengan kening yang sangat halus sehalus batu cendana.

Hanya saja berbanding terbalik dengan perawakannya, sifatnya sungguh buruk. Ia merupakan seorang gadis pemalas yang tidak pernah membantu ibunya dalam melakukan berbagai pekerjaan rumah.

Ia hanya suka bersolek setiap hari, ia juga sangat manja. Semua yang ia minta kepada ibunya harus dituruti, sementara ibunya bekerja keras dan rela banting tulang setiap hari untuk membiayai kebutuhan hidup mereka berdua.

Sumber:

UPDATE TERBARU