Sunday 14th of July 2024
×

Tips Menabung Pengeluaran Khusus Untuk Mobil di Tahun 2024, Biaya Pajak, Servis, Ganti Sparepart Makin Ringan

Tips Menabung Pengeluaran Khusus Untuk Mobil di Tahun 2024, Biaya Pajak, Servis, Ganti Sparepart Makin Ringan

--

Dibanding all risk, TLO cenderung lebih murah. Hanya saja pemilihannya perlu disesuaikan dengan potensi risiko yang bisa dialami pemilik mobil.

Jika Anda membeli mobil secara kredit, jangan lupa menyesuaikan cicilan dengan pemasukan. Kita bisa mengukurnya dengan mengetahui debt service ratio (DSR) kita. DSR menunjukkan total cicilan utang yang kita miliki berbanding pemasukan bulanan. Cicilan ini tidak hanya sebatas cicilan mobil saja, namun juga cicilan kartu kredit dan lain sebagainya.


Baca juga: Perbandingan Yamaha NMAX 155 vs PCX 160 yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Beli, Cek Design, Spesifikasi, Harga, dan Fitur

Baca juga: Modifikasi Motor Honda Dio SP 2 Tak Dari Imut Sampai Jadi Garang, Begini Tahapannya

Untuk mengetahui nilai DSR, Anda bisa membandingkan jumlah total cicilan Anda dengan pemasukan bulanan. Jika besaran cicilan mobil dan utang-utang lainnya di bawah 35% maka jumlah cicilan tersebut masih wajar.

Hanya saja jika lebih dari 35% artinya cicilan yang Anda tanggung sudah terlalu besar. Maka Anda perlu mengatur ulang pembayaran utang Anda. Caranya bisa dengan memperpanjang tenor pinjaman maupun melunasi utang-utang lain di luar kredit mobil.

Di samping itu Anda juga bisa menggunakan kalkulator angsuran kredit flat yang memungkinkan kita untuk menghitung berapa tenor cicilan yang tepat. Sehingga nantinya besaran cicilan yang Anda bayar setiap bulan tidak melebihi 35% dari penghasilan.

Demikian yang bisa kami sampaikan seputar tips menyiapkan dana khusus untuk mobil. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda perlu menyiapkan dana ekstra jika memiliki atau ingin membeli mobil. Maka dari itu Anda perlu mempertimbangkannya dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Apalagi jika berencana membelinya dengan skema kredit.

Baca juga: Perbandingan Harga Motor Honda Dio 2 Tak Baru dan Bekas di Pasaran Indonesia, Cek Dulu Sebelum Deal-Dealan Net

Menyiapkan dana untuk servis berkala juga penting. Anda bisa melihat jadwal servis berkala anjuran masing-masing produsen mobil pada buku manual atau dengan mengakses situs resmi masing-masing merek.

Sumber:

UPDATE TERBARU