Wednesday 24th of July 2024
×

Tips Menabung Pengeluaran Khusus Untuk Mobil di Tahun 2024, Biaya Pajak, Servis, Ganti Sparepart Makin Ringan

Tips Menabung Pengeluaran Khusus Untuk Mobil di Tahun 2024, Biaya Pajak, Servis, Ganti Sparepart Makin Ringan

--

OTONITY.com - Mungkin Anda sudah tahu bahwa mobil bisa menjadi aset pribadi dan juga aset investasi. Mobil dimasukkan dalam kategori aset pribadi jika kita gunakan untuk keperluan sehari-hari. Misalnya untuk pergi ke kantor, mengantar anak sekolah, belanja, piknik dan lain sebagainya.

Sedangkan jika mobil dimanfaatkan untuk mencari uang, maka akan masuk dalam kategori aset investasi. Contohnya adalah dengan menyewakan mobil, mengangkut barang dagangan, menggunakannya untuk mengantar penumpang atau diperjualbelikan kepada orang lain.


Baca juga: Perbandingan Performa Mesin HR-V vs Eclipse Cross, Siapa Lebih Baik? Simak Datanya Berikut ini

Baca juga: Harga Motor Yamaha 125ZR Terbaru 2024, Meskipun Bekas Tapi Harganya Bikin Melongo

Baik menjadi aset pribadi maupun aset investasi, mobil tetap membutuhkan perawatan berkala. Terutama jika mobilitas mobil terbilang sangat tinggi. Sebab kondisi performa mobil tidak selalu prima. Bisa saja sewaktu-waktu mengalami permasalahan kecil atau ada komponen-komponen yang perlu diganti.

Oleh karena itu kita perlu menyiapkan dana khusus untuk melakukan servis berkala dan penggantian komponen-komponen yang rusak atau sudah tidak layak pakai. Tentu saja bukan untuk servis semata, kita juga perlu menyiapkan dana untuk perawatan hingga perlindungan.

Dana Darurat untuk Mobil

Tidak hanya kita, mobil juga membutuhkan dana darurat. Seperti yang diketahui, idealnya kita perlu menyiapkan 3-6 kali pengeluaran bulanan. Sebab dana ini akan bermanfaat sebagai biaya hidup jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti kehilangan penghasilan.

Baca juga: Hasil Balapan MotoGP Valencia 2023, Francesco Bagnaia Sabet Gelar Juara Dunia!

Sumber:

UPDATE TERBARU