Saturday 24th of February 2024
×

Kisah Ratu Tribhuwana Tunggadewi Penguasa Ketiga Kerajaan Majapahit yang Bikin Gajah Mada Lakukan Sumpah Palapa

Kisah Ratu Tribhuwana Tunggadewi Penguasa Ketiga Kerajaan Majapahit yang Bikin Gajah Mada Lakukan Sumpah Palapa

--

OTONITY.com - Majapahit menjadi salah satu kerajaan terbesar di Indonesia. Berikut ini adalah update mengenai Kisah Ratu Tribhuwana Tunggadewi dari Majapahit yang wajib kamu tahu. Begini selengkapnya. 

Kerajaan-kerajaan tertua di Indonesia sudah ada sejak 4 Masehi. Kerajaan tertua yang bisa ditelusuri pada abad ini adalah kerajaan yang mendiami daerah Kalimantan. 


Menurut catatan sejarah, ada beberapa kerajaan di Indonesia yang peradabannya bisa dibuktikan dengan peninggalan yang ditemukan seperti prasasti dan candi.

Baca juga: Jadi Penyangga IKN Nusantara, Inilah Sejarah Kabupaten Kutai Barat yang Miliki Banyak Potensi!

Baca juga: Sejarah Dusun Cawet di Wonosobo Begini Asal-Usulnya yang Berkaitan Dengan Perlawanan Terhadap Kolonialisme Belanda

Baca juga: Fakta Unik Dusun Cawet di Wonosobo yang Diambil Dari Nama Pakaian Dalam Wanita, Begini Sejarahnya

Majapahit sendiri diabadikan menjadi nama kota. Penguasa ketiga Kerajaan Majapahit, yaitu Tribhuwana Tunggadewi memerintah Kerajaan antara 1328-1350 M di masa lalu.

Ia mendapatkan gelar Sri Tribhuwanottunggadewi Maharajasa Jayawisnuwardhani, Tapi Kerajaan Majapahit belum sepenuhnya tentram dan damai, dikarenakan terjadi beberapa pemberontakan pada masa kepemimpinananya.

Kala itu pemberontakan tersebut akhirnya dapat ditumpas dengan bantuan Mahapatih Gajah Mada yang sakti dan perkasa hingga Gajah Mada pun diangkat menjadi mahapatih dan membantu sang ratu untuk memajukan Kerajaan Majapahit.

Sumber:

UPDATE TERBARU