Saturday 24th of February 2024
×

Wanita Kuat! Tribhuwana Tunggadewi Ratu Majapahit yang Berambisi Satukan Nusantara Bersama Mahapatih Gajah Mada

Wanita Kuat! Tribhuwana Tunggadewi Ratu Majapahit yang Berambisi Satukan Nusantara Bersama Mahapatih Gajah Mada

--

OTONITY.com - Dalam sejarah Majapahit dikenal bahwa Tribhuwana Wijayatunggadewi merupakan pemimpin ketiga yang membawakan kemajuan pesat. Tribhuwana Tunggadewi memerintah Kerajaan antara 1328-1350 M di masa lalu. Begini faktanya.

Ia mendapatkan gelar Sri Tribhuwanottunggadewi Maharajasa Jayawisnuwardhani, Tapi Kerajaan Majapahit belum sepenuhnya tentram dan damai, dikarenakan terjadi beberapa pemberontakan pada masa kepemimpinananya.


Kala itu pemberontakan tersebut akhirnya dapat ditumpas dengan bantuan Mahapatih Gajah Mada yang sakti dan perkasa hingga Gajah Mada pun diangkat menjadi mahapatih dan membantu sang ratu untuk memajukan Kerajaan Majapahit.

Baca juga: Inilah Daftar Nama Desa dan Kabupaten di Bandung yang Akan Dilewati Proyek Pembangunan Tol Getaci, Apa Tempatmu Termasuk?

Baca juga: Efek Pembangunan Tol Getaci, Beberapa Desa dan Kabupaten di Bandung Ini Bakal Terkena Pemangkasan Lahan!

Baca juga: Kisah Makam di Kampung Apung Kapuk Teko yang Tenggelam, Peziarah Menabur Bunga di Atas Air!

Sebagai putri Raden Wijaya, pendiri dan raja pertama Majapahit, Tribhuwana Tunggadewi memiliki bekal kekuasaan dan keberanian. Pada masa pemerintahannya, ia menjalin hubungan yang erat dengan Gajah Mada, seorang tokoh penting dalam pemerintahan Majapahit.

Gajah Mada mendapatkan kepercayaan penuh dari ratu untuk menempati posisi paling bergengsi di dalam pemerintahan. Sehingga membantu terlaksananya misi besar Tribhuwana Tunggadewi. Misi yang paling terkenal adalah Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Gajah Mada di hadapan Ratu Tribhuwana Tunggadewi.

Kita semua tahu bahwa dari Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada ini berikrar akan menyatukan wilayah-wilayah Nusantara di bawah naungan Kemaharajaan Majapahit yang agung.

Sumber:

UPDATE TERBARU