Saturday 15th of June 2024
×

Sejarah Singkat Lahirnya Nama Kabupaten Kendal di Jawa Tengah, Begini Lengkapnya!

Sejarah Singkat Lahirnya Nama Kabupaten Kendal di Jawa Tengah, Begini Lengkapnya!

--

OTONITY –  Kendal merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan dengan Semarang. Nama Kendal diambil dari nama sebuah pohon yakni Pohon Kendal. Pohon yang berdaun rimbun itu sudah dikenal sejak masa Kerajaan Demak pada tahun 1500 - 1546 Masehi yaitu pada masa Pemerintahan Sultan Trenggono.

Kota Kendal, merupakan salah satu kabupaten yang berada di daerah Jawa Tengah. Yang berpenduduk kurang lebih 1 juta jiwa,dengan luas tanah 1.002,23 km².


Kota Kendal sendiri memiliki sejarah yang patut untuk dipelajari, bahkan sejarah Kota Kendal ditulis didalam buku "Babad Tanah Jawa" karya Ahmad Hamam Rochani dan catatan sejarahnya disimpan di sebuah perguruan tinggi terkenal di Nederland yaitu Universitas Leiden Belanda. Di buku "Babad Tanah Kendal" disebutkan bahwa kota Kendal berasal dari pohon kendal.

Baca juga: Pesan Moral Dari Cerita Legenda Batu Menangis di Kalimantan Barat, Gadis Cantik Durhaka yang Dikutuk Jadi Batu

Baca juga: Asal Usul Batu Menangis di Kalimantan Barat, 11 12 Ceritanya Mirip Malin Kundang Tapi Versi Wanita!

Baca juga: Fakta Unik Sungai Musi yang Terkenal di Palembang, Sungai Terpanjang kedua di Pulau Sumatera dan Asia Tenggara!

Sejarah Kota Kendal berawal dari runtuhnya kerajaan Majapahit dan berdirilah kerajaan Mataram. Sunan Katong atau Bathara Katong sampai di Kaliwungu bersama beberapa tokoh dan rombongannya untuk menyebarkan agama Islam.

Hingga pada saat menyebarkan agama Islam ke wilayah barat, Sunan Katong bertemu dengan Suromenggolo atau Empu Pakuwojo, yang dikenal sebagai tokoh agama Hindu/Budha dan merupakan mantan petinggi kadipaten di bawah kerajaan Majapahit untuk wilayah Kaliwungu.

Untuk meng-Islamkan Pakuwojo memanglah tidak mudah, karena gengsi dan juga pemikirannya yang merasa bahwa ia memiliki kelebihan. Karena itu pada upaya Sunan Katong untuk meng-Islamkan Pakuwojo di warnai dengan adu kesaktian.

Sumber:

UPDATE TERBARU