Thursday 20th of June 2024
×

Kisah Legenda Joko Bahu, Jadi Sejarah Terbentuknya Kabupaten Kendal di Jawa Tengah

Kisah Legenda  Joko Bahu, Jadi Sejarah Terbentuknya Kabupaten Kendal di Jawa Tengah

--

OTONITY –  Kota Kendal sendiri memiliki sejarah yang patut untuk dipelajari, bahkan sejarah Kota Kendal ditulis didalam buku "Babad Tanah Jawa" karya Ahmad Hamam Rochani dan catatan sejarahnya disimpan di sebuah perguruan tinggi terkenal di Nederland yaitu Universitas Leiden Belanda. Di buku "Babad Tanah Kendal" disebutkan bahwa kota Kendal berasal dari pohon kendal.

Nah sejarah lainnya juga ada di bagian kabupaten nya, seperti apa kisah nya? silahkan kamu simak disini sampai selesai ya yang barangkali bisa nambah wawasan kamu.


Baca juga: Sejarah Dusun Cawet di Wonosobo Begini Asal-Usulnya yang Berkaitan Dengan Perlawanan Terhadap Kolonialisme Belanda

Baca juga: Intip Potret Syahiba Saufa, Penyanyi Lagu 'Rasah Nyangkem' yang Viral di Luar Negeri Hingga Disebut Queen!

Baca juga: Asal-usul dan Sejarah Nama Asahan, Sebuah Kabupaten di Sumut yang Merupakan Surga Dunia Tersembunyi

Nama kendal di ambil dari nama sebuah pohon yakni pohon kendal.pohon itu pada awalnya tidak ada orang yang tahu namanya tapi ketika pakuwojo bersembunyi di pohon itu di dalam pohon itu terang benderang akhirnya di namakan pohon Qhondali yang artinya penerang dan akhirnya daerah tersebut di namakan Qhondali.

karna orang jawa tidak fasih dalam berbahasa arab maka jadi kendal.pohon itu sudah di kenal sejak zaman kerajaan Demak pada tahun 1500-1546 M yakni pda masa pemerintahan sultan Trenggono.pda awal pemerintahan 1521,Sultan Trenggono pernah memerintah Sunan Katong untuk memesan pusaka kapada pakuwojo.

Peristiwa yang menimbulkan pertentangan dan mengakibatkan kematian itu tercatat di dalam prasasti.makam kedua tokoh tersebut berada di Ds.Protomulyo,Kec.Kaliwungu.

Sumber:

UPDATE TERBARU