Wednesday 19th of June 2024
×

MLFF Apa Artinya dan Kapan Diterapkan Pemerintah? Bakal Berlaku di Tol, E-Toll Siap Siap Tidak Berlaku Lagi

MLFF Apa Artinya dan Kapan Diterapkan Pemerintah? Bakal Berlaku di Tol, E-Toll Siap Siap Tidak Berlaku Lagi

--

OTONITY.com - Implementasi sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh nirhenti berbasis Multi-Lane Free Flow (MLFF) secara penuh ditargetkan mulai 2027 menurut pernyataan resmi Roatex Indonesia Toll System (RITS) pada Selasa (28/5). Setelah diimplementasikan penuh maka gerbang tol bisa dihapus sebab tak lagi dibutuhkan.

Sistem MLFF berbasis teknologi global navigation satellite system (GNSS) yang membuat pengguna jalan tol bisa keluar masuk tanpa harus berhenti di gerbang tol untuk melakukan pembayaran seperti cara tapping kartu uang elektronik yang berlaku saat ini.


Baca juga: Link Baca Novel Soul Land Season 2 Sub Indonesia Full Chapter Gratis, Unduh Sekarang di Sini

Baca juga: Cara Mengatasi JMO Tidak Bisa Dibuka atau Error, Lakukan Ini Auto Beres Dalam Semenit

Agar bisa melakukan transaksi pembayaran pengguna jalan tol mesti memiliki aplikasi ponsel bernama Cantas yang disediakan RITS. Aplikasi itu sejauh ini belum tersedia dan dikatakan sedang dalam masa persiapan.

Aplikasi ini membuat pengguna memasang perangkat lunak electronic on-board unit (e-OBU). Kemudian teknologi GNSS bakal membaca keberadaan e-OBU, jadi ketika pemilik ponsel masuk jalan tol maka secara otomatis data dikirim ke pusat sistem MLFF untuk proses transaksi pembayaran.

Apa Itu Pengertian MLFF?

Multi Lane Free Flow (MLFF), yaitu proses pembayaran tol tanpa berhenti, itu berarti pengguna jalan tol tidak harus mengentikan kendaraannya di gerbang tol.

Teknologi yang diterapkan pada MLFF yaitu Global Navigation Satelit System (GNSS) yaitu merupakan sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Baca juga: Siapa Budisatrio Djiwandono, Ponakan Prabowo yang Jadi Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia

Sumber:

UPDATE TERBARU