Saturday 27th of July 2024
×

Jadwal Wayang Bulan Juni Tahun 2024, Saksikan dan Hadiri Pertunjukannya!

Jadwal Wayang Bulan Juni Tahun 2024, Saksikan dan Hadiri Pertunjukannya!

--

OTONITY.com - Wayang adalah seni pertunjukan tradisional Indonesia yang menggabungkan unsur teater dan seni rupa dalam satu kesatuan. Seni pertunjukan ini telah ada selama berabad-abad dan terus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Sebagai wahana pelestarian budaya, wayang membantu menjaga agar cerita-cerita epik dan tradisi lisan tetap hidup dalam masyarakat. Lebih lanjtu, artikel ini akan membahas pengertian wayang, fungsinya, beserta jenis-jenis wayang yang ada di Indonesia.


Baca juga: Siapa Itu Raihany Hanny? Sosok Ibu Muda yang Tega Lakukan Pelecehan ke Anaknya Sendiri, Kini Tengah Melarikan Diri!

Baca juga: Video Viral Ibu dan Anak 7 Menit Mediafire, Tindakannya Jadi Rujakan Netizen! Kini Polisi Usut Kasusnya

Kata "wayang" berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti "bayangan" atau "gambaran." Pertunjukan wayang melibatkan tokoh-tokoh berbentuk bayangan atau boneka yang dimainkan di belakang layar kain putih oleh seorang dalang, atau pemain wayang.

Pertunjukan ini biasanya disertai narasi, musik, dan tarian yang menambahkan dimensi artistik yang mendalam. Seni pertunjukan ini umumnya melibatkan narasi dalam bahasa Jawa Kuno dan diiringi musik gamelan. Sedangkan karakter-karakternya diperankan wayang (boneka kulit atau kayu) yang diatur di belakang layar putih.

Wayang kulit adalah jenis wayang yang paling terkenal dan sering diidentikan dengan seni wayang Indonesia. Pertunjukan wayang kulit menggunakan boneka kulit yang diproyeksikan ke layar kain putih dengan bantuan sumber cahaya.

Baca juga: Link Nonton Raising Voices (Ni una más) 2024 Full Episode Sub Indonesia Perjuangan Melawan Pelecehan Seksual di Sekolah

Sumber:

UPDATE TERBARU