Saturday 24th of February 2024
×

Harga Kerajinan Anyaman Bambu Untuk Dekorasi Dinding di Sukabumi, Bikin Tampilan Dalam Rumah Jadi Makin Estetik!

Harga Kerajinan Anyaman Bambu Untuk Dekorasi Dinding di Sukabumi, Bikin Tampilan Dalam Rumah Jadi Makin Estetik!

--

OTONITY.com -  Sejak zaman dahulu terutama di Indonesia, bambu kerap dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah kerajinan bernilai seni yang memiliki banyak manfaat, mulai dari peralatan dapur, tas, hingga diubah menjadi dekorasi dan furnitur untuk mempercantik hunian.

Bambu diketahui merupakan salah satu tanaman tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman sejenis rumput yang memiliki batang beruas-ruas yang kuat dan tinggi ini memiliki fungsi penting dalam tiga kebutuhan pokok manusia.


Bambu dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai keperluan sandang, pangan, dan papan. Bambu memang masih dipandang sebelah mata. Padahal aneka olahan kerajinan bambu juga tidak kalah dengan kayu lain seperi jati, mahoni dan sengon.

Baca juga: Cara Menghitung Luas dan Rangka Atap Baja Ringan Untuk Membangun Hunian di Daerah Lumajang Berikut Estimasi Biaya Pemasangan

Baca juga: Harga Asbes Gelombang Plastik di Bandung 2023, Lengkap Ukuran Lembaran Kecil dan Besar!

Baca juga: Daftar Harga Besi Beton Polos Per Batang di Kota Bandung Terbaru, Ukuran Lengkap Mulai Dari 2x4x4m (0,3mm) Sampai 4x4x4m (0,5mm)

Tapi bagaimana jika bambu ini dijadikan kerajinan tangan yang sangat populer hingga luar negeri, anyaman bambu adalah serat yang dirangkaikanhingga membentuk benda yang kaku, biasanya untuk membuat keranjang atau perabot. Anyaman seringkali dibuat dari bahan yang berasal dari tumbuhan, tetapi serat plastik juga dapat digunakan.

Hasil anyaman dari bambu tidak sekadar memiliki fungsi praktis, tapi juga fungsi estetis. Kerajinan anyaman yang dihasilkan pun bukan sekadar barang, tapi juga mampu menjadi pemanis mata yang bernilai seni dan indah.

Selain itu, sifatnya yang elastis memudahkan pengrajin untuk berkreasi membuat kriya. Walaupun elastis, bambu hitam ini memiliki sifat yang kuat, tidak mudah patah ataupun rapuh. Faktor-faktor inilah yang menjadikan bambu hitam sebagai bahan baku yang ideal untuk kerajinan tangan.

Sumber:

UPDATE TERBARU