Wednesday 28th of February 2024
×

Kiprok Motor Rusak? Begini Cara Deteksi dan Cara Merawatnya! Atasi Segera Sebelum Makin Parah

Kiprok Motor Rusak? Begini Cara Deteksi dan Cara Merawatnya! Atasi Segera Sebelum Makin Parah

--

OTONITY.com - Apa itu kiprok? Kiprok merupakan komponen kelistrikan pada motor. Kiprok memiliki beberapa komponen lagi yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.  Sesuai namanya kiprok memiliki dua fungsi, yaitu rectifier berfungsi pengubah arus, dan regulator sebagai pengatur kelistrikan.

Setiap komponen kendaraan bermotor bisa mengalami kerusakan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai gejala, baik karena kurang perawatan maupun karena memang sudah aus. Disini, kiprok adalah komponen yang berperan penting jika rusak harus segera diganti.


Baca juga: Honda Supra X 125 Rilis Tahun 2024, Bagaimana Nasib Beat dan Scoopy?

Baca juga: Tampil Trendi Harga Murah! Inilah Rekomendasi Motor Listrik Mirip Vespa, Cocok untuk Touring Terdekat

Baca juga: Begini Penyakit Mobil Mitsubishi Xpander yang Sering Muncul, Simak Sebelum Beli!

Jika kondisi yang terjadi demikian, yang terjadi adalah terganggunya sistem kelistrikan kendaraan kamu . Biasanya komponen kelistrikan ini cepat rusak jika kamu  sering memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Alhasil, kiprok mengalami overheating.

Cara Merawat Kiprok Motor

Merawat kiprok motor sangat penting untuk menjaga kinerjanya dan mencegah kerusakan. Beberapa tips merawat kiprok motor meliputi:

  • Pengecekan Rutin: Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kiprok dan komponen sekitarnya, termasuk kabel-kabel listrik. Pastikan tidak ada kabel yang rusak atau kendor.
  • Perawatan Baterai: Pastikan baterai dalam kondisi baik dan tidak bocor. Baterai yang buruk dapat memengaruhi kinerja kiprok.

Sumber:

UPDATE TERBARU