Saturday 24th of February 2024
×

Asal Usul Kota Trenggalek, Daerah yang Terkenal dengan Produksi Gaplek! Surganya Pantai di Jawa Timur

Asal Usul Kota Trenggalek, Daerah yang Terkenal dengan Produksi Gaplek! Surganya Pantai di Jawa Timur

--

OTONITY.com  - Pada kesempatan kali kami akan membagikan informasi terkait dengan asal usul kota Trenggalek yang terkenal dengan produksi Gapleknya. Selain itu, nama tersebut juga dipercaya miiliki makna untuk menolak bala. Simak lengkapnya dibawah ini.

Kabupaten Trenggalek, yang terletak di Provinsi Jawa Timur, menghadirkan sebuah lokasi geografis yang menarik di pesisir pantai selatan Pulau Jawa. Terletak di antara beberapa kabupaten yang berbatasan dengan wilayahnya, Trenggalek menjadi pusat kegiatan dan perkembangan yang menarik di daerah ini.


Di utara, Kabupaten Trenggalek berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, membentuk batas alami yang memisahkan dua kabupaten tersebut. Sementara itu, di sisi timur, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tulungagung, menandakan konektivitas geografis yang kuat antara wilayah tersebut.

Baca juga: Efek Pembangunan Tol Getaci, Beberapa Desa dan Kabupaten di Bandung Ini Bakal Terkena Pemangkasan Lahan!

Baca juga: Baru Saja Dimekarkan, Kabupaten Agam Tuo Rencanakan Pemekaran Wilayah Lagi! Sebut untuk Wujudkan Pemerataan

Baca juga: Mantan Kades di Serang Korupsi Dana Desa Rp925 Juta Buat Nyawer LC di Karaokean, Langsung Masuk Bui 20 Tahun

Di sebelah selatan, Trenggalek berhadapan dengan Samudra Hindia yang memberikan sentuhan pantai indah dan menakjubkan. Di sebelah barat, Kabupaten Trenggalek berbatasan dengan Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Ponorogo.

Kabupaten ini merangkum luas wilayah seluas 1.261,40 km2 yang terdiri dari 14 Kecamatan dan 157 desa yang membentuk mozaik kaya budaya, sejarah, dan perkembangan yang menarik. Selain itu, wisata yang dihadirkan di Trenggalek tak perlu diragukan.

Sejarah Trenggalek

Sejarah Trenggalek dimulai sejak zaman prasejarah, dengan bukti penemuan artefak dan benda-benda kuno seperti alat rumah tangga dan alat berburu.

Trenggalek merupakan jalur lalu lintas sejak zaman prasejarah, menghubungkan berbagai daerah seperti Barat Sampung Ponorogo-Pacitan dan Timur Wajak menuju Tulung, baik melalui rute darat maupun laut. Di masa lalu, agama Hindu, Islam, dan Budha datang ke wilayah ini, dan ada catatan tentang berdirinya Kerajaan Kahuripan oleh Mpu Sindok dari Mataram yang memegang wilayah ini.

Sumber:

UPDATE TERBARU