Monday 20th of May 2024
×

Asal Usul Kota Trenggalek, Daerah yang Terkenal dengan Produksi Gaplek! Surganya Pantai di Jawa Timur

Asal Usul Kota Trenggalek, Daerah yang Terkenal dengan Produksi Gaplek! Surganya Pantai di Jawa Timur

--

Peresmian Kabupaten Trenggalek tertulis dalam Prasasti Kamulan pada tanggal 31 Agustus 1194. Dalam prasasti ini, pembuatan atau peresmian kabupaten ini dikeluarkan oleh Raja Sri Maharaja Sri Sarweswara Triwikramawantara Anindita Srenggalancana Digjaya Uttunggadewa,

yang juga dikenal sebagai Kertajaya. Kabupaten Trenggalek awalnya berada di bawah kekuasaan Kerajaan Kediri dan kemudian Majapahit, yang terlihat dari peninggalan-peninggalan budaya yang tersebar di beberapa wilayah.

Asal Usul Trenggalek


Asal-usul nama Trenggalek berasal dari kata "Trenggale," yang menggambarkan bahwa daerah ini awalnya merupakan pedalaman yang jauh dari pusat pemerintahan Mataram, Kahuripan, Kediri, dan Majapahit. "Treng" berarti jauh atau dalam, sedangkan "Gale" berarti tempat atau yang menolak.

Jadi, Trenggale memiliki makna tempat yang jauh atau pedalaman yang menolak bahaya. Nama tersebut kemudian berkembang menjadi Trenggalek atau Trenggalih.

Baca juga: Mantan Kades di Serang Korupsi Dana Desa Rp925 Juta Buat Nyawer LC di Karaokean, Langsung Masuk Bui 20 Tahun

Baca juga: Kisah Ratu Tribhuwana Tunggadewi Penguasa Ketiga Kerajaan Majapahit yang Bikin Gajah Mada Lakukan Sumpah Palapa

Baca juga: BAGIAN 2: Dusun Keramat Riak Kisah Legendaris Rakyat Bengkulu, Kedatangan Saudagar dari China!

Ada juga interpretasi lain yang menyebut Trenggalek sebagai "Daerah produksi gaplek," makanan tradisional yang terbuat dari singkong, berdasarkan manuskrip yang dikoleksi oleh Keraton Surakarta.

Bagaimana, sudah paham sekarang? Sekian informasi yang dapat kami bagikan mengenai asal  usul Kota Trenggalek yang bisa kalian simak dalam rangkuman diatas. Sekian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bisa bermanfaat. 

Sumber:

UPDATE TERBARU